Senin, 04 Maret 2013

Masalah Remaja

Remaja merupakan tahap pendewasaan dimana seseorang mulai menggunakan pemikiran yang lebih fokus daripada sebelumnya. Berfikir mengenai kata “remaja” sering muncul konsep dalam pikiran kita bahwa tahap tersebut merupakan tahap yang paling indah yang hanya muncul satu kali, mengapa demikian???. Tahap remaja tanpa disadari sering menghampiri diri kita dengan berbagai pengalaman yang indah, contohnya adalah saat – saat remaja sering kali setiap orang mengenal lebih banyak orang lain melalui komunikasi terlebih lagi saat ini telah muncul berbagai media jejaring social, atau dimasa remaja kita lebih mengenal lawan jenis dengan berbagai macam kepribadian mereka, dan yang sering terjadi adalah disaat remaja lebih mendorong seseorang untuk mencoba hal – hal yang baru denan harapan agar segala kemampuan yang dimiliki remaja dapat dieksplorasi lebih baik dari masa – masa sebelumnya .

factor– factor yang sangat mempengaruhi remaja khususnya era globalisasi saat ini. Adapun masalah tersebut adalah sebagai berikut;


Masalah satu ini ada masalah paling sering kita dengar dikalangan remaja. Hal terindah di masa remaja adalah masa-msa yang mulai mengenal cinta. Tetapi seiring berjalannya waktu. Karena Cinta semua remaja bisa bertindak nekat. Mukai dari pembuktian cinta kepada pasangannya sampai tindakan kriminalitas. 
 

Banyak remaja yang gak betah terlalu lama berdiam diri di rumah. Ini disebabkan hubungan kurang harmonis antar seluruh anggota keluarga, dan yang sangat berbahaya masalah reamaja terhadap orang tuanya. Kurang perhatian adalah satu pokok masalah terbesar dalam hal ini.
 

Banyak hal bisa terjadi terhadap anak remaja aat ini. menurut hasil survey. Masalah keungan inilah yang biasa terjadi dikingkup kehidupan remaja saat ini. Belum mempunyai penghasilan sendiri membuat para remaja memasukkan masalh ini di urutan ketiga. Memamg uang bukan segala-galanya. tapi segala-galanya butuh uang. mau apelin pacar butuh uang , mau ngopi ama temen juga butuh uang apalagi ke toilet aja harus bayar pake uang."Tutur salah satu narasumber".
 

Semakin mahalnya pendidikan saat ini, membuat beberapa anak tidak bisa melanjutkan kejenjang lebih tinggi. Akhirnya mereka putus dan berhenti mengenyam pendidikan. Hal ini bisa menimbulkan dampak buruk bagi remaja. Bukan hanya remaja, Negara pun harus menanggung beban akibat masalah ini. Masalah pendidikan bisa menjadikan angka pengangguran meningkat pesat
 
  
Pertemanan merupakan hubungan yang sering didapatkna didunia para remaja, hal ini menunjukkan bahwa pertemanan merupakan ditambah lagi saat ini telah banyak media jejaring yang akan mempermudah hubungan pertemanan remaja. Dengan demikian,  pertemanan antara remaja saat ini berkembang dengan pesat dari sebuah hubungan pertemanan terdapat hal positif maupun yang negative. Hubungan dengan teman dapat digambarkan dengan sebuah sisi yang ada dalam koin yaitu sisi positiv, sehingga remaja selayaknya menggunakan kesempatan berteman satu dengan yang lain dengan sebaik mungkin. Adapun sisi positif  dari sebuah pertemanan ialah sebagai berikut ;

1.Pertemanan membuat remaja lebih mengetahui banyak informasi,
2.Pertemanan membuat remaja dapat mengenal lawan jenis lebih baik lagi,
3.Pertemanan membuat remaja dapat lebih eksis dalam kehidupan,
4.Pertemanan merupakan salahsatu media untuk mencari jati diri.

Sedangkan sisi negative dari pertemanan ialah;

1.Pertemanan dapat mengarahkan remaja kepada pergaulan yang negatif seperti seks bebas, atau penggunaan narkoba 
 
2.Pertemanan dapat mengalahkan perhatian remaja dalam hal penting lainnya, seperti remaja terkadang mengorbankan pendidikan untuk sebuah pertemanan. 
 
3.terkadang pertemanan membuat remaja berfikiran subyektif, sehingga apabila remaja memiliki sahabat ia akan cenderung memihak teman akrabnya tersebut daripada orang lain .
 
Pertemanan terkadang membuat dampak yang baik bagi seseorang, namun apabila sebuah pertemanan menjadi pecah atau terjadi konflik, hal tersebut dapat membuat remaja mengalami permasalahan dalam interaksi sosial dan bahkan terhadap seseorang yang awalnya menjadi teman kemudian menjadi renggang akan berdampak menjadi saling bermusuhan dalam jangka waktu yang panjang.

Demikian adalah paparan yang dapat disampaikan penulis mengenai masalah – masalah yang sering terjadi dikalangan remaja. Pada dasarnya memang remaja sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dalam pembentukan karakter, khususnya bagi remaja sangatlah penting untuk dapat mempelajari lika – liku atau jalan hidup guna menemukan jati diri. Kelima masalah yang tercantum dalam blog ini dimaksudkan agar para pembaca dapat memahami sebagian besar masalah yang sering ditemukan remaja dan menemukan solusi apabila terdapat masalah remaja pada diri pembaca atau orang lain. 

Saran penulis, remaja sebaiknya harus lebih berhati – hati dan lebih pandai dalam mengambil keputusan supaya para remaja nantinya akan menjadi sosok pribadi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar